Berita  

117,7 Kilogram Limbah Minyak Diangkut dari Pesisir Pantai Regge dan Pantai Bintang Kepulauan Seribu

ILUSTRASI - Suasana pantai.

IDNEWS.CO.ID – Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu telah membersihkan tumpahan limbah minyak (tarball) yang mencemari perairan di pesisir pantai timur dan barat Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.

Kepala Seksi Teknis Ahli Bidang Peran serta Masyarakat Suku Dinas LH Kepulauan Seribu Riza Lestari Ningsih mengatakan, limbah ini berada di pesisir Pantai Regge dan Pantai Bintang hingga sepanjang 100 meter.

Pihaknya mengerahkan delapan petugas untuk membersihkan dan mengumpulkan limbah tersebut.

“Pembersihan dilakukan secara manual. Dari dua pantai ini petugas berhasil mengangkut 17 karung atau sekitar 117,7 kilogram limbah,” ujar dia, Senin (29/5/2023).

Ia menerangkan, pihaknya bersama tim pengendalian pencemaran akan melakukan investigasi dengan mengumpulkan limbah tersebut, kemudian dibawa ke daratan untuk diteliti.

Kejadian ini dinilai harus segera ditangani agar tidak terulang lagi dan tidak semakin meluas karena dapat membahayakan ekosistem di perairan Kepulauan Seribu. Bahkan, kejadian tersebut dapat merugikan masyarakat setempat.

“Hingga saat ini masih dalam pembahasan, karena kami belum tahu limbah ini berasal dari mana. Jika sudah diketahui, kita minta mereka bertanggung jawab,” tandas Riza. (bhd/bj)

Exit mobile version