RI Berharap Myanmar Lindungi Muslim Rohingya - idnews.co.id

Rabu, 23 November 2016

RI Berharap Myanmar Lindungi Muslim Rohingya

IDNews.co.id - Masalah yang berlangsung di Rakhine State, jadi sorotan tajam Indonesia. Ditempat itu, berlangsung insiden berdarah yang menelan beberapa puluh korban termasuk juga dari grup minoritas Rohingya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Arrmanatha Nasir menyampaikan, Indonesia perhatikan cermat kondisi di Rakhine. Pemerintah mengharapkan, supaya problem disana dapat usai dengan damai.

" Perlindungan serta penghormatan HAM buat semua orang-orang Rakhine State termasuk juga minoritas Islam Rohingya mesti dihormati serta dijaga, " sebut pria yang sering disapa Tata, Rabu (23/11/2016).

Sekian hari lantas ditempat yang sama, Tata juga mulai bicara tentang keadaan di Rakhine.

" Kita prihatin dengan perubahan yang berlangsung sebagian minggu ini, " sebut Tata di kantor Kemlu, Senin (21/11/2016).

Ia menuturkan, telah waktunya otoritas setempat melakukan tindakan. Hal ini utama supaya perdamaian serta keamanan selalu berlangsung di semua sisi Myanmar.

" Pemerintah Indonesia mendorong serta menginginkan pemerintah Myanmar bisa selekasnya memulihkan kondisi di Rakhine State, " tutur dia.

" Rakhine State sisi integral Myanmar, mereka yang tanggung jawab atas situasi kondisi yang aman damai di Rakhine State, " kata dia.

Akibat insiden di Rakhine, lebih kurang 25 orang warga Rohingya tewas. Disangka kuat mereka meregang nyawa lantaran ditembak tentara Myanmar.

Dalam keterangannya, militer Myanmar menyebutkan beberapa orang yang mereka sebut grup militan itu berupaya menyerang mereka.

Tidak cuma dituduh menginginkan menyerang tentara, tetapi media pemerintah mengatakan kalau warga Rohingya berniat membakar rumah mereka sendiri dengan maksud " mengakibatkan kesalahpahaman serta kemelut " yang bisa berbuntut pada meluncurnya perlindungan internasional.

sumber: liputan 6

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments