Ramadan Tahun Ini, Masjid Istiqlal Tidak Layani Buka Puasa Gratis Bersama - idnews.co.id

Jumat, 09 April 2021

Ramadan Tahun Ini, Masjid Istiqlal Tidak Layani Buka Puasa Gratis Bersama

IDNEWS.CO.ID - Masjid Istiqlal, di Kebun Besar, Jakarta Pusat pada Ramadhan tahun ini tidak melayani kegiatan buka puasa( iftar) bersama, mengenang masih diterapkannya Pemberlakuan Pemisahan Kegiatan Warga( PPKM) Mikro di DKI Jakarta dampak endemi COVID- 19.

P
Buka Bersama di Masjid Istiqlal Ditiadakan


Pemimpin Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar pada pers, di Jakarta, Jumat, mengatakan kegiatan buka puasa bersama yang biasanya dinanti oleh warga itu tidak dilakukan tahun ini.

Pada tahun lalu, Masjid Istiglal itu pula wajib ditutup tidak hanya karena endemi, pula tengah dilakukan penyempuraan megah.

" Kita tidak melakukan kegiatan buka puasa. Jadi, cuma digunakan Shalat Tarawih, shalat 5 durasi, tidak terdapat buka puasa, tidak terdapat shalat lain dan tidak terdapat sahur," tutur Nasaruddin.

Nasaruddin menjelaskan kalau Istiqlal mulai dibuka untuk Shalat Jumat pada Jumat ini dengan kapasitas terbatas, ialah 2. 000 jamaah. Jumlah ini pasti amat sedikit jika dibanding keseluruhan kapasitas Masjid yang mencapai 250 ribu orang.

Sejumlah imitasi juga telah dilakukan, ialah memutuskan jarak antarjamaah 1, 5 meter, menyediakan larutan pembersih tangan( hand sanitizer) dan sabun di zona biasa.

Untuk kegiatan ibadah, Istiqlal cuma membuka untuk shalat 5 durasi dan Shalat Tarawih dan dilakukan cuma di lantai utama.

Setelah Shalat Tarawih dan Witir, Masjid akan ditutup pada jam 20. 00 Wib untuk dilakukan penyemprotan pembunuh hama.

" Yang terdapat cuma Shalat Petang, Isya, Tarawih, Witir, setelah itu setelah itu jam 8 malam kita kosongkan kembali Masjid ini untuk langsung kita sterilkan lagi. Jadi, setiap malam kita jalani penyemprotan di Istiqlal ini," tutur ia.

Istiqlal pula cuma membuka pintu di zona utara dan selatan, sedangkan di pintu timur ataupun yang berhadapan dengan Basilika, masih ditutup karena pembangunan Gorong- gorong Persahabatan yang masih dalam pengerjaan.(fat)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments