Hiu Paus Terdampar di Pantai Kuari - idnews.co.id

Selasa, 01 Juni 2021

Hiu Paus Terdampar di Pantai Kuari

IDNEWS.CO.ID  -   Masyarakat Kayong Utara, Kalimantan Barat digegerkan dengan terdamparnya seekor ikan hiu di Tepi laut Kuari, Dusun Pulau Lebah.

P


" Kemarin seekor ikan hiu paus ditemukan masyarakat di tepi laut dan aku pula turut melihat," ucap, Muhammad Nasir, salah satu masyarakat, Selasa, 1 Juni 2021.

Saat ditemukan situasi ikan sudah mati, di bagian akhir terluka lumayan parah dan menghasilkan darah yang banyak.

" Ikan hiu paus terdampak karena kemungkinanair pasang besar terjadi pada malam hari. Ikan dapat jadi ke tepi laut dan saat mundur tidak dapat kembali ke laut," jelas ia.

Bagi ia, sepengetahuannya belum sempat terdapat peristiwa ikan hiu paus terdampar.

" Hiu paus terdampar cukup besar hampir 4 meter panjangnya dan lebarnya 1, 5 meter. Belum sempat ikan itu terdampar," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pengelola Informasi Materi Proteksi dan Pengawetan pada BKSD Ketapang Menggerai Iskandar mengatakan ikan hiu paus yang ditemukan oleh masyarakat di Tepi laut Kuari Dusun Pulau Lebah Kabupaten Kayong Utara ialah jenis yang dilindungi dengan cara penuh berdasarkan Ketetapan Menteri Maritim dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 18 atau Kepmen- KP atau 2013.

" Sejak 2002, hiu paus telah masuk dalam Appendix II Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora( CITES)," jelasnya saat dihubungi di Ketapang.

Bagi ia, dugaan sementara hiu paus itu terdampar diamati dari cedera lama yang terbeset di badannya berdasarkan informasi aparat di alun- alun yang diterjunkan.

" Dari informasi di alun- alun yang kita bisa, situasi hiu paus itu dalam kondisi mati yang belum diketahui tetapi ditemukan bekas cedera lama di bagian pergelangan akhir dan sebagian bagian sirip yang nampak sudah terpenggal, informasi yang kita miliki mungkin kematian hiu paus itu disebabkan terdampar dengan situasi cedera diartikan saat sebelum siripnya didapat," pungkasnya.(ndi)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments