Kini Kendarai Motor Listrik Harus Ganti SIM - idnews.co.id

Selasa, 01 Juni 2021

Kini Kendarai Motor Listrik Harus Ganti SIM

IDNEWS.CO.ID -   Setiap orang yang akan mengemudikan sepeda motor di Indonesia, wajib memiliki Pesan Permisi Mengemudi ataupun SIM C. Ini legal untuk seluruh jenis alat transportasi bermotor cakra 2.

P
Motor listrik Harley-Davidson Livewire


Tetapi, perihal itu akan segera berganti. Berdasarkan Peraturan Kepolisian nomor 5 tahun 2021, pengelompokan SIM C akan dibagi jadi 3, dicocokkan dengan jenis motor yang digunakan.

SIM C lazim legal untuk motor yang memiliki kapasitas mesin hingga dengan 250cc, sementara SIM C1 harus dipunyai oleh juru mudi jaran besi berkapasitas mesin 251cc sampai 500cc. Terakhir terdapat SIM C2, yang digunakan untuk alat transportasi bermotor cakra 2 di atas 501cc.

Dari pencarian di Perpol itu, Selasa 1 Juni 2021, diketahui kalau SIM C1 dan C2 tidak cuma diperuntukkan untuk pemilik motor besar ataupun moge saja.

Dalam artikel 3 bagian 2, dituturkan kalau 2 jenis SIM terkini itu pula harus dipunyai oleh mereka yang akan mengemudikan motor listrik. Selanjutnya suara peraturannya:

SIM CI, legal untuk memandu Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (2 dupa 5 puluh cm cubic) hingga dengan 500 cc( 5 dupa cm cubic) ataupun Ranmor semacam yang menggunakan energi listrik

SIM CII, legal untuk memandu Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc (5 dupa cm cubic) ataupun Ranmor semacam yang menggunakan energi listrik

Sebagai informasi, walaupun peraturannya sudah diterbitkan tetapi pelaksanaannya belum akan dilakukan dalam durasi dekat. Perihal itu dikatakan oleh Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Pendaftaran dan Pengenalan Korps Lalu Rute Polri, Komisaris Besar Asli.

“ Aplikasi SIM C, C1 dan C2 menunggu perlengkapan percobaan kita. Alatnya dicocokkan dengan kapasitas mesin alat transportasi. Anggarannya belum terdapat, masih wajib diajukan dahulu,” ucapnya.(ach)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments