Pesepeda yang Ugal-ugalan akan Ditilang - idnews.co.id

Sabtu, 05 Juni 2021

Pesepeda yang Ugal-ugalan akan Ditilang

IDNEWS.CO.ID - Ketua Lalu Rute Polda Metro Berhasil Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penilangan kepada sepeda yang berandalan di jalur raya merupakan alternatif terakhir.

P
Pesepeda saat melintas di Bundaran Hotel Indonesia.


" Yang wajib digarisbawahi merupakan awal, penguatan hukum dengan menggunakan tilang itu merupakan the last option dari pada upaya- upaya yang dilakukan kepolisian dalam bagan penerapan tugasnya," ucap Sambodo pada reporter, Sabtu 5 Juni 2021.

Dirinya menjelaskan, grupnya akan memajukan bimbingan kepada para pesepeda yang melakukan pelanggaran. Setelah itu berikutnya bila tidak dapat diedukasi, terkini polisi akan melakukan penilangan. Sepanjang ini, Sambodo mengatakan para pesepeda sudah mematuhi ketentuan yang legal. Mereka juga pula mudah diserahkan bimbingan oleh grupnya.

" Terdapat upaya- upaya preemtif dan edukatif yang kita sudah jalani. Alhamdulillah bimbingan sudah lumayan sukses. Artinya seluruh warga saat ini mengerti kalau bila di satu rute itu terdapat rute sepedanya hingga pesepeda harus menggunakan rute itu, itu sudah kita jalani," tuturnya lagi.

Sebelumnya dikabarkan, sebagian perjanjian diperoleh dalam rapat terbatas antara penguasa Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Polda Metro Berhasil terkait road bike di ruas jalur Bunda Kota.

" Hasil rapat sementara jalan jalur non tol Kokas( Kota Kasblanka)- Karet itu jadi jalan permanen road bike setiap Sabtu- Minggu saja," tutur Delegasi Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Gedung Kota DKI, Senin, 31 Mei 2021.

Baginya, diperbolehkannya rute road bike Karet- Kokas itu mulai dari jam 05. 00 WIB- 08. 00 Wib spesial untuk Sabtu- Minggu.

" Setelah itu hari Sabtu- Minggu akan disiapkan rute bonus pop up Sudirman- Thamrin spesial untuk non road bike betul. Jadi yang lazim pesepeda lazim non road bike. Perihal itu disiapkan Sabtu- Minggu rute bonus," tuturnya.

Tutur ia, untuk jalan road bike Sudirman- Thamrin pada Senin- Jumat diperbolehkan 05. 00 Wib hingga jam 6. 30 Wib.

" Tidak hanya durasi itu dilarang. Segenap harus menggunakan rute sepeda permanen tidak hanya di jam itu. Jelas betul," ucapnya.(fat)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments