Kenali Penyebab Nyeri Kepala dan Cara Penanganannya - idnews.co.id

Sabtu, 17 Juli 2021

Kenali Penyebab Nyeri Kepala dan Cara Penanganannya

IDNEWS.CO.ID - Sempat mengalami perih kepala? Ternyata terdapat sebagian jenis perih di kepala. Apa penyebabnya dan gimana menanganinya? Melalui bimbingan online, dokter. Riezky Valentina Astari dari Siloam Hospitals Jantung Bagan, membahas berakhir cara mengidentifikasi dan penindakan sekeliling perih di kepala.

Membuka paparan bimbingan, perih kepala merupakan sesuatu rasa perih ataupun rasa tidak lezat pada wilayah kepala, termasuk wilayah wajah dan tengkuk leher. Dibilang dokter Riezky Astari kalau berdasarkan pengelompokan, perih kepala dibagi jadi 3 bagian ialah Perih Kepala Pokok yang biasanya semacam Sakit kepala sebelah dan Perih kepala Tipe Kaku dan terdapat Perih Kepala Tipe Kluster.

Perih kepala Inferior merupakan Perih Kepala karena luka kepala, peradangan, stroke, kendala mata, kuping, hidung, sinus, gigi, mulut, mengkonsumsi obat, santapan akar, kendala psikiatri dan yang lain.

" Setelah itu terdapat pula Perih Kepala yang lain, ialah yang tidak termasuk dari 2 jenis diatas," tutur Riezky Valentina Astari, Sabtu 17 Juli 2021 melalui bimbingan webinar itu.

Berdasarkan gejala yang dialami pada sakit kepala Sakit kepala sebelah ialah satu bagian kepala dengan perasaan perih sedang hingga dengan perih berat, terasa berdebar dan terus menjadi perih jika diiringi kegiatan. Alhasil perih kepala Sakit kepala sebelah mengarah mau istirahat ataupun menutup mata dengan lama yang berjalan antara 4 jam hingga 72 jam.

" Penyerta akan merasakan gejala mual, muntah, fotofobia, fonofobia, aura. Sementara untuk Perih Kepala Tipe Kaku ialah merasakan perih pada kedua bagian kepala dengan perasaan semacam ditindih bobot berat, tingkatan perih sedang tetapi tidak mengusik kegiatan dengan lama yang bermacam- macam," ucap Riezky Valentina.

Ada pula untuk Perih Kepala Kluster merasakan perih pada satu bagian kepala, biasanya di sekitar mata. Perih yang dialami lalu menembus terus menjadi berat sampai membuat penderita risau, lama perih yang dialami sekitar 30 menit hingga 3 jam." Gejala yang dirasakan merupakan mata merah, hidung basah, berkeringat, kelopak mata bengkak," tutur Riezky.

Memenuhi pengajuan akan penindakan perih di kepala, bisa dilakukan pengecekan cagak misalnya pengecekan makmal semacam darah teratur, elektrolit, glukosa darah, profil lipid dan yang lain. Pengecekan CT scan ataupun MRI kepala pula bisa dilakukan jika terdapat gejala.

Bagi dokter. Riezky, tatalaksana perih kepala bisa dibedakan jadi pengobatan abortif, pengobatan melindungi, dan pengobatan non obat. Pengobatan abortif bertujuan untuk menyembuhkan adegan perih kepala yang sedang dirasakan menggunakan obat- obatan jenis analgesik ataupun antimuntah. Berikutnya, pengobatan melindungi bisa dilakukan untuk mengurangi gelombang, berat, dan lama serbuan perih kepala. Pengobatan melindungi diharapkan bisa tingkatkan reaksi penderita kepada penyembuhan alhasil pada akhirnya bisa mengurangi biaya penyembuhan penderita.

" Pengobatan non obat yang bisa dilakukan penderita perih kepala ialah menghindari dan atau ataupun mengatur faktor penyebab perih kepala( misalnya pergantian pola tidur, santapan, stress, tradisi, cuaca, area tempat bermukim), melakukan metode relaksasi, menghindari merokok ataupun mengkonsumsi alkohol, dan menjaga mutu tidur yang bagus," paparnya.

" Penyembuhan perih kepala tergantung dari karakter perih kepala yang dirasakan penderita dan faktor- faktor faktornya. Bila tidak terdapat gejala lain yang beresiko, sakit kepala bisa diredakan dengan obat- obatan yang dijual leluasa, semacam paracetamol. Bila sakit kepala dirasa membahayakan, segeralah bertanya dengan dokter untuk mendapatkan pengecekan dan penindakan yang sesuai," pungkasnya.

Pencegahan sakit kepala dampak sikap tiap hari bisa dilakukan dengan mempraktikkan sikap hidup yang segar, misalnya istirahat dengan lumayan dan teratur olahraga. Sedangkan untuk perih kepala inferior dampak penyakit lain yang melandasi, pencegahan yang terbaik merupakan dengan menyembuhkan faktornya.(ria)

 

 

 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments