Ajakan Kibarkan Merah Putih Menggema Jelang HUT Ke-76 RI - idnews.co.id

Minggu, 01 Agustus 2021

Ajakan Kibarkan Merah Putih Menggema Jelang HUT Ke-76 RI

IDNEWS.CO.ID - Agustus bulan kebebasan RI. Di bulan itu setiap tahun orang Indonesia memeringati hari kemerdakaan yang puncaknya tepat di bertepatan pada artikulasi bacaan Proklamasi, 17 Agustus. Kali ini merupakan tahun ke- 76. Menyambut itu, bujukan mengibarkan bendera merah putih sebulan penuh menggaung di dunia maya dan nyata.

Sejak Sabtu kemarin gerakan mengibarkan bendera merah putih itu mulai menggema. Salah satunya oleh para orang dagang di

di Sentra Darmawisata Kuliner( SWK) Dharmahusada Surabaya, Jawa Timur. Mereka memasang bendera kecil di gerobak- gerobak dan meja tempat para orang dagang menjajakan barangan kulinernya.

Tidak hanya dalam bagan memeringati HUT Kebebasan RI ke- 76, gerakan memasang bendera merah putih yang dilakukan komunitas orang dagang pula sebagai penyemangat melawan COVID- 19. Diketahui, sejumlah orang dagang dan dan sebagian bagian belum lama ini mengibarkan bendera putih sebagai tanda berserah atas situasi endemi.

" Ini meluhurkan dan kita memberikan antusias pada orang dagang Surabaya, walaupun juga dalam kondisi semacam ini kita tetap antusias," tutur Pimpinan Perkumpulan SWK Dharmahusada Surabaya Syafii Salahudin.

Di Kota Blitar dan Sumenep, Kepolisian Resor setempat memberikan bendera merah putih pada masyarakat akseptor dorongan sosial di semua kecamatan wilayah setempat. Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setiawan mengatakan, bagi- bagi bendera merah putih sebagai bagian dari peringatan HUT RI ke- 76, sekalian menyuburkan antusias merah putih dalam mengalami COVID- 19.

Di alam maya, gerakan berbarengan mengibarkan bendera merah putih 1- 31 Agustus 2021 pula tersiar luar di berbagai program alat sosial. Salah satunya disebarkan oleh Pengasuh Wilayah Nahdlatul Malim Jawa Timur di akun Instagram, Twitter, dan Facebook resminya, dan jejaring aplikasi WhatsApp.

PT Sepur Api Indonesia Daop 8 Surabaya juga demikian. Untuk memeringati HUT RI ke- 76, induk kereta api dan gerbong sepur dihias dengan livery spesial berjudul kebebasan RI. Terdapat 4 bagian induk kereta api dan 37 bagian gerbong yang dihias dengan livery spesial. Ialah KA Argo Bromo Anggrek( Surabaya Pasar Turi- Gambir), KA Argo Hijau tua( Surabaya Gubeng- Bandung), KA Gajayana( Malang- Gambir), dan KA Argo Parahyangan( Gambir- Bandung).

“ Pemasangan livery spesial peringatan HUT ke- 76 Kebebasan RI pada Sepur Api ini sebagai bentuk patriotisme KAI dalam menyediakan konektivitas untuk warga Indonesia,” ucap Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 1 Agustus 2021.(ndi)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments