Cegah COVID-19 Varian Mu, Indonesia Tingkatkan Pengawasan di Pintu Masuk - idnews.co.id

Selasa, 07 September 2021

Cegah COVID-19 Varian Mu, Indonesia Tingkatkan Pengawasan di Pintu Masuk

 IDNEWS.CO.ID - Penguasa beranjak kilat mengestimasi masuknya virus COVID- 19 versi Mu ke Tanah Air dengan tingkatkan pengawasan di semua zona pintu masuk ke Indonesia dari luar negara.

" Penguasa beranjak kilat dan tepat untuk mengestimasi masuknya COVID- 19 Versi Mu ataupun B. 1. 621. Seluruh ini dilakukan supaya Indonesia tidak mengalami gelombang ketiga COVID- 19," ucap Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gram Plate dalam pancaran persnya.

Ia juga membenarkan kalau pengawasan dilakukan di semua pintu masuk, semacam lapangan terbang dan dermaga.

Pengecekan dilakukan dengan cara whole genome sequencing pada semua WNI ataupun WNA yang memiliki riwayat ekspedisi ke negeri dengan tingkatan penyebaran versi Mu besar, semacam Kolombia, Jepang, India, Hong Kong, Ekuador.

Whole genome sequencing ialah usaha untuk mengenali penyebaran pemindahan virus SARS- Cov2 ataupun COVID- 19.

Walaupun per Senin, 6 September 2021, Versi Mu telah ditemukan di 46 negeri, tetapi versi ini belum ditemukan di negara- negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Sampai saat ini, lanjut Johnny, World Health Organization mengelompokkan versi Mu sebagai Variant of Interest( Vol) ataupun versi yang butuh amatan lebih lanjut terkait akibat dalam penjangkitan dan tingkatan laju penularannya.

Menteri Kominfo pula mengatakan kalau penguasa mendesak semua pengelola kebijaksanaan di wilayah untuk mendukung pengecekan whole genome sequencing dengan mengirimkan ilustrasi. Perihal ini dilakukan untuk memesatkan cara analisa dan pengecekan.

" Penguasa memohon warga untuk tak terperangkap euforia penyusutan permasalahan setiap hari COVID- 19 dan awal di sebagian zona dengan cara berangsur- angsur, karena kemampuan masuknya versi terkini tetap terdapat," tutur Johnny.

Semua warga pula dimohon tetap cermas dan patuh mengenakan masker, melindungi jarak, membersihkan tangan, dan melajukan vaksinasi.(ndi)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments