Setiap Tanggal 25 November, Diperingati Sejarah Hari Guru Nasional - idnews.co.id

Rabu, 24 November 2021

Setiap Tanggal 25 November, Diperingati Sejarah Hari Guru Nasional

IDNEWS.CO.ID - Sejarah hari guru wajib diketahui oleh semua orang, karena guru lahir ketika manusia ada di muka bumi ini. Proses pendidikan merupakan sebuah nilai dari orang dewasa yang dianggap mampu untuk memberikan sebuah nilai kepada orang lain. Dalam sejarahnya, peranan guru dari masa penjajahan hingga kemerdekaan begitu penting pada pelbagai situasi dan kondisi. Guru juga tidak hanya memiliki peran untuk mendidik siswa di sekolah, tapi juga menjadi acuan untuk para siswanya.

Selain itu, tak heran bila seorang guru mesti mempunyai pribadi yang baik dan dapat menjadi contoh untuk mencapai tujuan generasi muda yang lebih tanggap, mandiri, dan mampu bersaing. Guru juga sering dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, karena peranannya dalam mencerdaskan anak bangsa. Juga terdapat perjuangan panjang harus diberikan penghargaan setimpal untuk keberlangsungan para guru. Karena peran guru sangat penting, tanggal 25 November diperingati sebagai hari guru nasional. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah sejarah hari guru nasional.

Menurut Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, tanggal 25 November ditunjuk sebagai Hari Guru Nasional dan juga dikenang sebagai hari berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Mulanya, persatuan guru Indonesia dikenal dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan sejak tahun 1912.

Kelompok guru ini terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan perangkat sekolah. Ternyata, saat itu para guru sudah memproklamirkan kemerdekaan Tanah Air secara tidak langsung ketika mereka mengganti nama kelompok guru menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) tahun 1932, sekitar 13 tahun sebelum Indonesia merdeka. Kemudian, dua bulan sesudah kemerdekaan yaitu tanggal 24-25 November, Hari Guru mulai disiarkan. Kala itu, para guru juga membuat kongres guru guna mendukung kemerdekaan di Kota Surakarta.

Tanggal 25 November Diperingati Hari Guru Sejak Tahun 1994

Tepat pada tanggal 25 November 1945, persatuan guru akhirnya mengubah nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Tapi, ketika itu belum ada ketok palu dari pemerintah yang menjadikannya sebagai salah satu hari besar nasional. Baru sejak tahun 1994, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahun. Hal ini juga terdapat di dalam situs resmi PGRI. Selain itu, ditentukannya Hari Guru Nasional juga bertujuan untuk mengapresiasi atas jasa dan perjuangan para guru yang sudah bekerja keras dalam memperjuangkan kecerdasan bangsa.

Tema Hari Guru Nasional Tahun 2021

Hari Guru Nasional mengusung tema ‘Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan’. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sudah merilis logo dari peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021. Logo peringatan hari guru ini terbentuk dari simbol hati dengan ilustrasi yang berwarna warni. Kemendikbudristek sudah menyediakan dua buah logo yang bisa diunduh, yaitu teks disamping dan teks di bawah.(ndi)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments