Indonesia Kirimkan Bantuan Uang Senilai Rp 41,6 Miliar untuk Rakyat Afghanistan - idnews.co.id

Kamis, 13 Januari 2022

Indonesia Kirimkan Bantuan Uang Senilai Rp 41,6 Miliar untuk Rakyat Afghanistan

IDNEWS.CO.ID - Pemerintah RI akan memberikan bantuan untuk rakyat Afghanistan, yang saat ini tengah dilanda krisis kemanusiaan. Hingga 2024 nanti, Indonesia berkomitmen menyalurkan bantuan setara miliaran rupiah.

Ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Abdul Kadir Jailani, dalam jumpa pers Bantuan Kemanusiaan untuk Afghanistan dan Pelindungan WNI di Jakarta, Kamis (13/1).

“Kita juga telah bekerja sama dengan Aga Khan untuk menyampaikan bantuan senilai Rp 2 miliar, hampir Rp 2,2 miliar,” ucap Abdul Kadir.

“Dan tidak hanya itu, dalam untuk rentang waktu tahun 2022 sampai tahun 2024, Pemerintah juga sudah berkomitmen untuk memberikan USD 2.850.000, atau setara dengan Rp 41,6 miliar,” lanjutnya.

Dana yang akan dikerahkan kepada rakyat Afghanistan ini, kata Abdul, akan digunakan dalam program pembangunan kapasitas sumber daya manusia, atau capacity building. Ini meliputi bantuan di bidang pendidikan dan pemberdayaan perempuan.

“Semua dana itu akan ditujukan untuk capacity building, untuk wanita, beasiswa. Dan dalam hal ini, Indonesia sudah melakukan berbagai pendekatan dengan berbagai universitas di Indonesia,” ujar dia.

“Dan yang lebih penting lagi, adalah komitmen Pemerintah Indonesia dalam peningkatan peran wanita Afghanistan.”

Menlu Retno L Marsudi memang terus menyuarakan dukungan untuk penghormatan hak-hak wanita serta pemberdayaan wanita Afghanistan.

Bahkan, Abdul mengungkapkan, Retno berharap membentuk sebuah konferensi wanita (Women Conference), bekerja sama dengan Qatar.

“Kerja sama kita dengan Qatar itu adalah kerja sama untuk menyelenggarakan Women Conference. And at the same time, kita harapkan outcome (hasil) dari Women Conference itu adalah serangkaian proyek tentang capacity building di bidang pemberdayaan perempuan,” jelas Abdul.

Sebelumnya, Indonesia sudah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan pada 9 Januari lalu. Bantuan yang dikirimkan saat itu berupa bahan pangan, seperti beras, minyak goreng, dan nutrisi.

Abdul mengatakan, bantuan tersebut disalurkan melalui World Food Programme (WFP) dan supervisi misi Indonesia di lapangan. (ndi)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments