Berita  

Akses Pembiayaan KUR untuk Generasi Muda Terbuka Lebar, Kolaborasi Bank DKI dan Kemenko Perekonomian

banner 468x60

IDNEWS.CO.ID – Sebagai bentuk dukungan program Pemerintah khususnya akses Kredit Usaha Rakyat (KUR), Bank DKI berkolaborasi bersama Kemenko Perekonomian RI menggelar kegiatan KUR Festival bertajuk ‘SUPER GEN-CREATION: ANAK MUDA SEJAHTERA BERSAMA KUR!’ di Gedung Sate, Bandung (17-18 Maret 2023).

Acara yang ditujukan kepada generasi muda yang tertarik mengakses informasi pembiayaan untuk pengembangan usaha tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia Susiwijono Moegiarso, dan Gede Edy Prasetya Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Mewakili Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, pada kesempatan yang sama, Direktur Kepatuhan Bank DKI, Ateng Rivai mengatakan partisipasi Bank DKI dalam acara ini merupakan komitmen dalam mendorong pemberdayaan UMKM khususnya generasi muda.

Lebih lanjut, Ateng mengatakan, partisipasi Bank DKI tersebut membuka ruang kepada para pelaku UMKM, khususnya gen-Z dalam rentang usia 18-25 tahun yang tertarik pada informasi akses pembiayaan KUR, dengan harapan dapat membantu pertumbuhan bisnis dan berdampak luas pada pertumbuhan ekonomi.

“Bank DKI berkomitmen penuh memaksimalkan penyaluran KUR sebagai perluasan akses permodalam bagi UMKM,” ujar Ateng.

Sebagai informasi, Bank DKI mencatatkan penyaluran KUR pada tahun 2022 mencapai sebesar 100% dari kuota atau sebesar Rp1,15 Triliun kepada kurang lebih 6.023 pelaku usaha UMK dan Mikro.

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, melalui keterangan tertulis menyampaikan sebagai salah satu bank penyalur KUR, Bank DKI tidak hanya berkomitmen untuk meningkatkan akses pembiayaan, melainkan mendorong pemberdayaan dan pendampingan bagi UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang dalam menopang perekonomian nasional.

Adapun untuk tahun 2023, Bank DKI mendapatkan porsi sebesar Rp2,8 Triliun dengan rincian alokasi konvensional sebesar Rp2 triliun, dan Syariah sebesar Rp. 800 miliar.

Pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus berupaya untuk menghasilkan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang optimal, hal ini selaras dengan momentum bonus demografi yang saat ini dialami Indonesia sampai dengan tahun 2030.

Untuk mencapai target penyaluran KUR pada tahun 2023 yang ditingkatkan menjadi Rp450 triliun, pemerintah terus memperkuat sinergi dan dukungan dari berbagai pihak, baik Pemerintah Daerah, Pelaku UMKM, Penyalur KUR, Penjamin KUR, Asosiasi, Akademisi maupun BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya melalui kegiatan KUR Festival ini.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara KUR Festival 2023 dan antusias masyarakat Bandung dan sekitarnya khususnya generasi muda atas informasi KUR yang disampaikan oleh Bank DKI.

“Bank DKI juga menyediakan e-form dan aplikasi digital lending sebagai bagian proses digitalisasi dalam rangka memaksimalkan proses kredit dan pembiayaan bagi nasabah,” tutup Arie. (ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Verified by MonsterInsights