Partai Demokrat Bina UMKM Agar Siap Jadi Pengusaha Sukses

PENGHARGAAN - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan UMKM Award kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang konsisten berjuang untuk keluarga.
banner 468x60

IDNEWS.CO.ID – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memulai Safari Ramadan 1444H di pendopo HMS, Cipayung, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan itu, AHY memberikan UMKM Award, sebuah penghargaan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang konsisten berjuang untuk keluarga.

AHY mengatakan, sektor UMKM merupakan kekuatan ekonomi riil rakyat.

Bahkan, sektor UMKM ini memberikan 60 persen kontribusi terhadap ekonomi nasional.

“Saya berharap, seluruh kader Demokrat, baik di Jakarta maupun di seluruh pelosok tanah air terus membina pelaku UMKM agar ekonomi kita semakin kuat. Kita tahu, dampak pandemi Covid-19 masih dirasakan di sana sini,” ujar AHY di Pendopo HMS, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (27/3/2023).

Tidak hanya sektor ekonomi, AHY juga menyoroti permasalahan bangsa lainnya.

Dia juga menegaskan, Partai Demokrat akan pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia.

“Dengan demikian, semacam program beasiswa Bidikmisi, sekarang namanya KIP akan terus dilanjutkan. Semangatnya adalah memberikan akses seluas-luasnya kepada generasi bangsa untuk menempuh pendidikan tinggi,” kata AHY.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat Safari Ramadan.

“Melalui program Bidikmisi, kita berhasil meningkatkan jumlah penerima beasiswa dari 6,3 juta pada 2005 menjadi 11,3 juta pada 2013. Kita tahu, kebodohan adalah sumber dari kemiskinan. Kita tak ingin ada yang miskin dan bodoh di negara kita. Indonesia untuk Semua, tidak boleh hanya untuk satu gelintir kelompok saja,” tambah AHY.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono menuturkan, UMKM Award itu diberikan kepada pelaku usaha mikro skala rumah tangga yang senantiasa berjuang untuk perubahan dan perbaikan bagi keluarganya.

“Ada 2.400 UMKM Binaan Partai Demokrat Jakarta yang selalu konsisten membantu kami di setiap wilayah seperti membranding Demokrat Bina UMKM sejak pandemi Covid-19 lalu, terlibat aktif dalam KTA-nisasi dan sebagainya. Alhamdulillah, ada 50 UMKM skala rumah tangga yang sekarang mendapat penghargaan dari Ketum AHY,” beber Mujiyono.

Menurut dia, UMKM binaan Partai Demokrat terus dipacu agar bisa naik kelas menjadi pengusaha sukses ke depannya.

Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono saat memberikan sambutan dalam acara Safari Ramadan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Tak sedikit, sambung dia, Demokrat membantu akses permodalan hingga pemasaran agar omset pelaku usaha mikro ini lebih meningkat.

Selain itu, Mujiyyono yang menjabat ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta juga menjelaskan, Demokrat Jakarta juga proaktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa melalui program beasiswa Bidikmisi yang digagas Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Mujiyono mengatakan, Demokrat Jakarta telah memfasilitasi sekitar 7.000-an lebih mahasiswa Jakarta yang tidak mampu secara ekonomi, namun bisa meneruskan pendidikannya berkat program Bidikmisi di beberapa perguruan tinggi.

Diketahui, program Bidikmisi merupakan sebuah program beasiswa yang dilaksanakan dalam 100 hari pemerintahan SBY melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah Bapak Mohammad Nuh saat itu.

Bidikmisi membiayai seluruh biaya siswa kurang mampu untuk melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi.
Setiap siswa mendapatkan bantuan hingga Rp 6.000.000,00 untuk setiap semester dengan rincian Rp 2.400.000,00 untuk biaya kuliah dan Rp 4.800.000,00 untuk biaya hidup.

Awalnya, program ini hanya berupa keputusan menteri lalu dinaikkan menjadi PP No 66 tahun 2011 hingga UU No 12 tentang Perguruan Tinggi.

“Dalam kick off Safari Ramadan 1444H ini, mas Ketum AHY juga memotivasi generasi bangsa untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, termasuk kepada 600 mahasiswa Bidikmisi perwakilan yang ada di Jakarta Timur ini. Kualitas SDM selalu menjadi prioritas kami agar bangsa ini bisa bersaing dengan bangsa lain ke depannya,” kata Mujiyono.

Safari Ramadan AHY rutin dilakukan setiap tahun untuk bersilaturahmi dengan kader dan konstituen di berbagai pelosok daerah.

Sebagai partai Nasionalis dan Religius, tegas Mujiyono, Demokrat tak mau hilang kesempatan dalam mendapatkan keberkahan bulan suci Ramadan.

“Alhamdulillah, lebih dari 2500 kader Demokrat Jakarta antusias menyambut mas AHY. Kita tebarkan terus kegiatan positif, saling bersilaturrahmi dalam menjalankan Ibadah bulan Suci Ramadan untuk meraih #KemenanganBersama2024,” tandas dia.

Dalam kesempatan ini, Safari Ramadan AHY juga memberikan santunan kepada ratusan anak yatim, bantuan sembako untuk masyarakat dan sebagainya.

Safari Ramadan AHY tahun ini dihadiri lebih dari 2500 kader Demokrat Jakarta, pengurus DPP Partai Demokrat, sejumlah Anggota Legislatif dan bakal calon anggota legislatif, hingga artis ibu kota ternama. (fat)

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Verified by MonsterInsights