Berita  

Jakarta Menuju Kota Global

banner 468x60

IDNEWS.CO.ID – Kalangan legislatif di DKI Jakarta sangat mengapresiasi semangat Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang berjuang keras untuk meningkatkan transformasi Kota Jakarta menuju kota global.

Hal itu dikemukakan Heru pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2024 di Ruang Pola Balai Kota Jakarta, 10 April 2023.

“Pada acara tersebut, Heru menyampaikan, Jakarta akan terus berupaya untuk melakukan transformasi menuju kota global seiring pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur. Ia menambahkan, pada 2024 mendatang jajarannya akan terus bekerja keras, merasa optimis dan akan bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di Jakarta. Optimismenya terhadap pertumbuhan ekonomi Jakarta ke depan itu antara lain dengan menyiapkan konsep-konsep untuk mengatasi, mempercepat pertumbuhan ekonomi bekerja sama dengan pemerintah dan badan usaha,” ujar Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak.

Dalam Musrenbang RKPD tersebut, Heru menegaskan, perwujudan Jakarta menjadi pusat perkembangan ekonomi nasional setelah IKN berpindah ke Kalimantan Timur telah dibahas dengan pemerintah dan instansi terkait.

Ia mengatakan, muntuk mewujudkan Jakarta menjadi kota global, ada beberapa indeks yang harus diperhatikan.

Antara lain, penurunan angka kemiskinan ekstrem, stunting, peningkatan transportasi massa, dan pengurangan kemacetan.

“Keseriusan transformasi Jakarta menjadi kota global merupakan bentuk komitmen keterlibatan Jakarta untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karena itu, peningkatan inovasi dan terobosan terus kita upayakan,” ujar Heru usai rapat dengar pendapat dengan Komisi B DPRD di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Heru juga menegaskan, dalam rangka emndorong komitmen tersebut, Jakarta telah menetapkan cita provinsi.

Yaitu, ‘Sukses Jakarta untuk Indonesia’.

Hal tersebut mermiliki makna, Jakarta yang telah berpengalaman khusus sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia dharapkan dapat terus menjadi berkah bagi seluruh daerah di Indonesia.

“Sebagai implementasi cita provinsi tersebut, kami tetapkan tema pembangunan RKPD tahun 2024, yakni Transformasi Jakarta Sebagai Kota Tangguh, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan untuk Indonesia,” ungkap Heru.

Prioritas rencana pembangunan Jakarta 2024 itu, tambah dia, sejalan dengan beberapa penjelasan prioritas nasional dan pada isu-isu seperti, penanggulangan banjir, penanganan kemacetan, pemulihan dari perlambatan ekonomi, penanggulangan kemiskinan, penaganan stunting, serta penguatan nilai demokrasi.

Karena itu, Heru meinta agar seluruh kepala perangkat daerah merencanakan program pembangunan yang dapat memacu pertumbuhan berkualitras di sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

“Pastikan aspirasi masyarakat menjadi masukan dalam penyusunan program dan kegiatan, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Heru. (rul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Verified by MonsterInsights