Berita  

Kinerja Cemerlang! Bank DKI Raih Top BUMD 2023

banner 468x60

IDNEWS.CO.ID – Berhasil bukukan rapor kinerja keuangan cemerlang sepanjang periode ekonomi penuh tantangan, Bank DKI menyabet penghargaan Infobank Top BUMD 2023 sebagai salah satu BUMD sektor keuangan dengan predikat ‘Excellent’.

Seremoni penghargaan tersebut dihelat pada acara bertajuk ‘Infobank Top BUMD 2023’ di Yogyakarta.

Turut hadir menyaksikan pemberian penghargaan diantaranya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwana X, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, Ketua Umum Asbanda, Supriyatno serta sejumlah pejabat lainnya.

Melalui keterangan tertulis Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima menjadi apresiasi yang sangat berharga atas keberhasilan seluruh Manajemen Bank DKI dan seluruh pekerja yang berhasil meningkatkan kinerja keuangan yang tumbuh pesat dengan tetap prudent dan sehat, serta mampu membuktikan terus tumbuh positif selama kondisi ekonomi yang menantang.

“Penghargaan ini juga menjadi pengakuan atas komitmen Bank DKI dalam mengembangkan inovasi produk dan layanan berbasis digital, seiring fokus transformasi yang diimplementasikan Perseroan,” ujar Fidri melalui keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (13/5/2023).

Kendati ekonomi belum sepenuhnya pulih, di bawah kepemimpinan Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy, Perseroan mampu menutup tahun 2022 dengan capaian kinerja yang sangat baik dengan mencatat laba bersih tertinggi sepanjang sejarah berdirinya Perseroan sebesar Rp. 939,11 miliar atau tumbuh 29,11 persen.

Total aset tumbuh menjadi sebesar Rp. 78,88 triliun, didukung oleh pertumbuhan Kredit sebesar 23,53 persen dan pertumbuhan DPK sebesar 12,82 persen pada Desember 2022.

“Bersamaan dengan momentum pertumbuhan ekonomi, Bank DKI fokus pada strategi ekspansi yang kuat termasuk sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak sebagai komitmen mendorong pemulihan ekonomi nasional,” imbuh Fidri.

Sebagai informasi, penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank berdasarkan rating BPD, BPR, dan BPRS yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank pada kinerja keuangan tahun 2021 dan 2022 (per September).

Beberapa kriteria penilaian yang digunakan Biro Riset Infobank untuk mengukur kinerja BUMD di antaranya aspek efisiensi dan pertumbuhan.

Selain itu, penilaian pada aspek profil risiko, good corporate governance (GCG), rentabilitas, dan permodalan. Berdasarkan penilaian predikat ‘The Best’ diberikan kepada sejumlah BUMD keuangan terdiri atas 16 BPD, 41 BPR, dan 9 BPRS.

Dalam sambutannya, Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto, riset digital brand dilakukan untuk meningkatkan kesadaran kita terkait strategi branding baru yang perlu dilakukan di era digital.

“Kami mengapresiasi BUMD, baik itu BPD, BPR, maupun BPRS milik pemerintah daerah, yang masih berhasil mengukir kinerja terbaiknya di tengah perlambatan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 dan tekanan ekonomi global,” ujar Eko.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menjelaskan, sepanjang periode pasca Pandemi Covid-19 tahun 2021-2022, bagi Bank DKI memang merupakan tahun yang penuh tantangan.

“Bersamaan momentum pasca pandemi, Bank DKI menata ulang berbagai hal pondasi dengan mengimplementasikan program transformasi di berbagai bidang, mulai dari human capital, teknologi digital, mempertajam lini bisnis funding dan lending, serta pembentukan ekosistem yang kesemuanya dikerangkai dengan implementasi GRC (Governance, Risk and Compliance),” imbuh Arie.

Arie menambahkan, ke depan Bank DKI akan terus tingkatkan dan pertajam berbagai program kerja yang lebih nyata agar bisa tumbuh secara berkelanjutan dan dapat memenuhi ekspektasi seluruh stakeholders.

“Dengan tema ‘Transformasi Menuju Ekosistem Digital’, Bank DKI akan terus memperluas inovasi dan sinergi, termasuk mendorong peningkatan daya dukung finansial dengan digitalisasi,” tukas Arie. (ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Verified by MonsterInsights