Jelang Arus Balik, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek - idnews.co.id

Sabtu, 15 Mei 2021

Jelang Arus Balik, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek

IDNEWS.CO.ID - Kepala Korps Lalu Rute( Korlantas) Polri Irjen Istiono memperhitungkan pucuk arus balik Idulfitri Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah atau 2021 akan terjadi pada Minggu, 16 Mei 2021. Walaupun penguasa mencegah mudik, tetapi warga masih terdapat yang berani menerobos mudik.

P
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (tengah)


“ Pucuk arus balik diprediksi mulai( Sabtu) hingga( Minggu), karena Senin warga sudah mulai masuk kegiatan,” tutur Istiono melalui keterangannya pada Sabtu, 15 Mei 2021.

Bagi ia, informasi dari Departemen Perhubungan diperkirakan terdapat 1, 5 juta pemudik yang akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi( Jabodetabek) dari Jawa ataupun Sumatera. Makanya, Polri akan melakukan prediksi untuk mengatur arus lalu rute.

“ Ini yang butuh diatur ekspedisi balik ke Jabodetabek- nya. Jadi, kita prediksi aktivasi alat transportasi cakra 4 dan cakra 2 di rute tol ataupun nadi,” ucapnya.

Oleh karena itu, Istiono memerintahkan semua barisan untuk melakukan pengawasan dan berkoordinasi dengan lembaga terkait. Bagi ia, seluruh gairah di alun- alun wajib didapat ketetapan dengan cara kilat dan tepat.

“ Jalani pengawasan dan pengaturan selalu, koordinasi dengan lembaga terkait untuk prediksi gairah di alun- alun yang setiap saat dapat berganti,” jelas ia.

Tidak hanya itu, Istiono mengatakan Korlantas bersama Satgas COVID- 19 telah mempersiapkan 109 titik check poin untuk mengecek semua juru mudi yang merambah wilayah Jabodetabek.

Seluruhnya wajib membuat pesan swab antigen ataupun PCR Swab test. Untuk yang tidak membuat pesan leluasa COVID- 19, akan dilakukan random check di posisi yang didetetapkan.

“ Polri bersama Satgas COVID- 19 nasional dan wilayah telah mempersiapkan 109 titik check poin, 26 di rest zona dan gate tol dan 83 titik rute nadi jalur nasional. Dari Jawa dan Sumatera mengarah Jakarta dengan melakukan kegiatan rapid test antigen dengan cara random yang dilaksanakan mulai hari ini,” tuturnya. (fat)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments