Peluang AHY Dampingi Anies di Pilpres 2024, Siti Zuhro: Ya Kan Kita Enggak Tahu

IDNEWS.CO.ID – Akan calon presiden Anies Baswedan dipercaya telah simpan nama yang hendak diputuskan menjadi pengiringnya di Pemilihan presiden 2024.

Walau belum sempat dijumpai dengan tentu, tetapi Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menyebutkan, jika tidak tutup kemungkinan figur yang hendak diputuskan Anies ialah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

“Ya kan kita enggak tahu, jadi mungkin sudah ada. Kan yang tentukan Anies. Mungkin sudah tapi belum dideklarasikan,” ujar dia di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Posisi Partai Demokrat dipandang telah oke ada di Konsolidasi Peralihan untuk Persatuan (KPP).

Hingga memungkinkan bila Anies jatuhkan opsinya ke figur AHY.

Apa lagi, Anies dan AHY seringkali memperlihatkan hubungan keduanya.

Selain itu, peristiwa antara jemput di lapangan terbang saat Anies melakukan haji, ke-2 nya sempat menonton tim nasional voli bersama-sama

“Kalau enggak, enggak mungkin Anies di-welcoming pas pergi haji, ketua umum ini lho, welcoming sampai ke bandara. Itu sesuatu,” ujar Siti Zuhro.

Menurut dia, hubungan seperti itu tidak mungkin dilaksanakan bila tidak ada tujuan di belakangnya.

Karena, style ambil menarik seperti itu pasti memunculkan kegoyahan pada konsolidasi.

Sementara, Demokrat dengan Anies atau KPP malah ada pada satu jalinan yang serasi.

Dia menyangka nama AHY telah diputuskan, namun Anies mengendalikan diri untuk mengumumkan cawapresnya.

“Tidak mungkin secara analisis gitu, kalau mereka tidak stick banget itu, terus dalam keadaan tarik-tarik seperti itu kan goyah, kan gimana gitu. Ini kan enggak, tetap. Berarti sudah ada chemistry, yang itu tidak perlu dideklarasikan dulu. Saya rasa,” pungkas Siti Zuhro. (bhd)

Exit mobile version