Berita  

Bank DKI Capai Predikat BPD Terbaik saat Rakornas, Tonggak Penting Dalam Transformasi Digitalisasi

Bank DKI memiliki komitmen untuk selalu bereksperimen dan jadi partner yang andal saat memberikan dukungan digitalisasi wilayah

banner 468x60

IDNEWS.CO.ID – Bank DKI ditetapkan jadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) Terbaik saat memberikan dukungan pemercepatan dan peluasan digitalisasi daerah tahun 2022.

Penetapan ini dilaksanakan oleh Satuan Tugas Percepatan dan Peluasan Digitalisasi Daerah (Satuan tugas P2DD) saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) P2DD tahun 2023 di Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono menjelaskan, Bank DKI memiliki komitmen untuk selalu bereksperimen dan jadi partner yang andal saat memberikan dukungan digitalisasi daerah.

Satu di antaranya, kata dia, dengan menyediakan jalan keluar perbankan digital yang inovatif dan memberi nilai lebih untuk semua penopang kebutuhan.

SUKSES – Bank DKI menjadi Bank Pembangunan Daerah terbaik. (ist)

“Prestasi sebagai BPD terbaik merupakan tonggak penting dalam perjalanan transformasi digitalisasi, dan tentunya menjadi esensi atas dedikasi dan kerja keras dalam mendukung digitalisasi di daerah, khususnya DKI Jakarta,” kata Amirul dari keterangan tertulis pada Minggu (8/10/2023).

Menurut dia, jalan keluar perbankan digital yang dijajakan Bank DKI ke pemda lewat elektronifikasi pengendalian anggaran di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lewat service Cash Manajemen System (CMS).

Dengan demikian,SKPD bisa mengawasi kegiatan transaksi bisnis akseptasi dan pengeluaran bujet pada rekening dengan gampang, real time serta lebih tepat.

Menteri Koordinator Sektor Ekonomi RI Airlangga Hartarto menjelaskan, digital perbankan dengan mekanisme info jadi poin penting dan perlu disokong oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Masalahnya, sambung dia, pengendalian keuangan daera keseluruhannya berada di BPD.

“BPD ini penting untuk menyediakan layanan yang mendukung digitalisasi pajak dan retribusi daerah. Oleh karena itu digital perbankan dengan sistem informasi Pemda, BPD ini menjadi penting dan ini membutuhkan dukungan dari OJK,” kata Airlangga yang juga menjadi Ketua Pengarah Satgas P2DD.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi meyakini, digitalisasi ialah kunci untuk percepat kemajuan ekonomi wilayah.

Perseroan terus akan berusaha keras untuk meluaskan capaian service digital, dan melakukan investasi dalam tehnologi terbaru untuk memberi nilai lebih ke warga dan daerah.

“Termasuk pengembangan SuperApps JakOne Mobile dengan ragam fitur, mulai dari pembukaan rekening secara elektronik, transfer, pembayaran berbagai tagihan termasuk pajak dan retribusi, scan QRIS, hingga zakat dan donasi,” kata Arie.

Selain itu, Bank DKI sediakan kartu pintar prabayar berbentuk JakCard.

Kartu ini jadi alat pembayaran model angkutan umum terpadu di Jakarta, seperti Transjakarta, MRT, LRT, Kereta Api Bandara/Railink, Commuter Line Jabodetabek, akses tiket masuk beberapa museum dan tempat rekreasi urusan Pemprov DKI Jakarta, sampai pembayaran ruas tol tertentu.

“Selain itu, Bank DKI juga melakukan pengembangan aplikasi JakOne Abank bagi para pelaku UMKM, maupun aplikasi pengajuan kredit/pembiayaan secara online, dengan aplikasi digital lending,” ujar Arie.

Satgas P2DD sudah menilai performa TP2DD Tahun 2022, hasilnya memutuskan 15 Pemerintahan Daerah (Pemda) Yang menerima Terbaik dan satu Pemda Favorit Terbaik.

Selanjutnya satu BPD yang paling memberikan dukungan P2DD, dan Bank DKI sebagai salah satu BPD yang terima penghargaan itu.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin secara virtual; dan Menko Perekonomian Airlangga Hartanto; Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (bhd)

Verified by MonsterInsights