Berita  

Di Jakarta, Posko Bersama Pemilu Dikawal FKDM

banner 468x60

IDNEWS.CO.ID – Pemprov DKI Jakarta telah membentuk Posko Bersama Pemilu 2024. Mulai dari tingkat kelurahan hingga provinsi.

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta Tobaristani mengatakan, Posko Bersama Pemilu akan mempermudah koordinasi lintas sektor untuk mewujudkan pemilu aman, damai, dan sukses di Jakarta.

“Kami dari FKDM dengan fungsi deteksi dini dan cegah dini gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat siap ikut menyukseskan Pemilu 2024 dalam suasana kondusif di Jakarta,” ujar dia, Sabtu (27/12024).

Saat ini, sambung Toba, anggota FKDM di Jakarta dengan jumlah 2.346 telah bergabung melaksanakan tugas di Posko Bersama Pemilu di tingkat kelurahan sampai provinsi.

“Posko Bersama Pemilu ini merupakan wadah sosialisasi dan pemantauan pelaksanaan, inventarisasi, serta penyelesaian persoalan Pemilu 2024,” terang dia.

FKDM sebagai organ Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI juga gencar menyosialisasikan kepada warga agar dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

“Kami siap mengawal penyelenggaraan Pemilu berjalan adil, lancar dan transparan. Saya sudah meminta seluruh anggota FKDM DKI Jakarta bisa menjaga marwah organisasi dan netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu,” ungkap Toba.

Ia menambahkan, personel FKDM bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Satpol PP DKI Jakarta juga ikut dalam menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang melanggar aturan dan membahayakan.

“Semalam, personel FKDM juga bergabung bersama instansi terkait menertibkan APK di Flyover Kuningan hingga JPO di wilayah Jakarta Selatan,” ucap Toba.

Ia berharap, Pemilu 2024 juga bisa berjalan semakin baik karena petugas Kelompok Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tahun ini terdapat persyaratan usia maksimal 55 tahun, lulusan minimal SMA/sederajat, dan berkondisi sehat.

Berdasarkan hasil monitoring FKDM, saat ini anggota KPPS sedang diberikan bimbingan teknis (Bimtek) terkait tugas dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

“Selamat mengikuti Bimtek. Tentu ada tugas yang tidak mudah dalam Pemilu Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, dan DPRD DKI Jakarta. Adanya persyaratan itu saya berharap semua bisa melaksanakan tugas yang pasti melelahkan dengan baik,” tukas dia. (fat)

Verified by MonsterInsights