Berita  

Bank DKI Raih ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal

PRESTASI - Bank DKI berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu oleh TUV Nord Indonesia. (ist)
banner 468x60

IDNEWS.CO.ID – Sebagai bagian dari komitmen peningkatan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi audit internal, Bank DKI berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu oleh TUV Nord Indonesia.

Sertifikat tersebut diserahkan oleh Donny Moehardono selaku kepala Badan Sertifikasi PT TUV Nord Indonesia kepada Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono di Jakarta, Selasa (5/3).

Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan salah satu kerangka kerja standar yang diakui secara global untuk manajemen mutu. Penilaiannya dilandaskan pada 7 prinsip. Di antaranya, Customer Focus (Fokus pada pelanggan), Leadership (Kepemimpinan), Engagement of People (Keterlibatan sumber daya manusia), Process Approach (Pendekatan proses), Improvement (Peningkatan secara terus menerus), Evidence-Based Decision Making (Pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta), dan Relationship Management (Manajemen hubungan dengan stakeholder).

“Raihan Sertifikasi ISO 9001:2015 yang berarti Bank DKI telah menerapkan standar internasional pada fungsi esensial audit internal serta mencerminkan dedikasi dan kerja keras kolektif dari tim Manajemen dan segenap insan karyawan Bank DKI dalam upaya meningkatkan kualitas operasional Perseroan, khususnya sistem audit internal,” ujar Amirul.

Amirul yakin bahwa keberhasilan ini akan memberikan dampak positif pada peningkatan produktivitas dan kinerja operasional perseroan secara keseluruhan. Selain itu, optimistis melalui standar manajemen mutu audit internal yang tinggi, Bank DKI akan semakin mampu memberikan layanan terbaik dan memperkuat posisinya di industri perbankan secara regional maupun nasional.

Bank DKI telah melalui serangkaian proses penilaian sehingga ditetapkan memenuhi standar ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal. Yaitu, Audit Stage 1 dengan penilaian meliputi Review of system, Review of documented management system, Review of risk & opportunity process, dan Organization knowledge.

Termasuk Audit Stage 2, meliputi wawancara terkait proses audit secara keseluruhan kepada Pemimpin Satuan Kerja dan Pejabat setingkat Pemimpi Divisi pada Satuan Kerja Audit Internal, diantaranya Divisi Audit Teknologi lnformasi, Divisi Manajemen Audit, Divisi Audit Umum, dan Unit Kontrol Internal Cabang (KIC).

ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal itu juga menambah deretan sertifikasi berstandar internasional yang diterima dan dipertahankan oleh Bank DKI. Meliputi, Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada IT Helpdesk Services, dan ISO 31000:2018 Sistem Manajemen Risiko.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi mengungkapkan, penerimaan Sertifikasi ISO 9001:2015 tidak hanya menegaskan kualitas manajemen mutu audit internal Bank DKI, tetapi juga mengindikasikan kesiapan Perseroan menghadapi tantangan dan perubahan dinamis dalam industri perbankan.

Hal itu sebagai langkah positif dalam membangun kepercayaan nasabah dan Pemangku Kepentingan. “Dengan mengacu pada prinsip-prinsip ISO 9001:2015, Bank DKI telah menetapkan komitmen jangka panjang untuk menjalankan operasional Perseroan berlandaskan prinsip transparansi, integritas, dan fokus pada kepuasan pelanggan,” tutur Arie. (bhd)

Verified by MonsterInsights