Optimalisasi Layanan Kesehatan Antisipasi Lonjakan DBD

banner 468x60

IDNEWS.CO.ID – DPRD DKI Jakarta meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) meningkatkan fasilitas layanan. Mengingat saat ini memasuki musim hujan. Terdapat potensi lonjakan pasien Demam Berdarah Dengue (DBD).

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Solikhah mengatakan, peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat sangat penting.

Salah satunya dengan mendiagnosa sedini mungkin pada penderita gejala DBD. Sehingga, bisa diberikan penanganan secara optimal.

“Segera sigap berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Jakarta. Kemudian beri instruksi agar masyarakat selalu waspada terhadap penyakit di saat musim hujan,” ujar Solikhah saat dihubungi via telepon, Kamis (11/1).

Selain diagnosa, ia juga meminta jajaran Dinas Kesehatan terjun langsung ke warga. Tujuannya, mengedukasi terkait pencegahan dan penanganan bila terkena DBD.

“Sangat penting edukasi dari pemerintah daerah. Sehingga masyarakat bisa mengantisipasi dan menjaganya agar mereka bisa melindungi dirinya dan masyarakat sekitarnya,” tandas dia.

Selain Dinas Kesehatan, masyarakat juga diminta berupaya mencegah penyebaran DBD. Caranya, menerapkan pola hidup sehat.

Selain itu, mengoptimalkan kegiatan pemberantas sarang nyamuk (PSN) dengan 3M plus. Yakni, menguras, menutup, dan mendaur ulang barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Seperti diketahui, cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi yang diprediksi BMKG kerap diikuti dengan merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). (bhd)

Verified by MonsterInsights